Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Tahukah Anda bahwa Kunci Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus adalah salah satu dari sedikit buku di pasaran yang membahas setiap aspek membesarkan anak-anak dengan kebutuhan khusus? Banyak buku berfokus pada pengajaran anak-anak melalui deskripsi tertulis, daripada interaksi yang sebenarnya. Meskipun ini bisa efektif, banyak orang tua merasa bahwa ketika buku-buku tidak dipraktikkan dengan benar, mereka kehilangan efektivitasnya.

Kunci Mendidik Anak

“Saya ingin memastikan bahwa saya dapat mengenali dan melatih keterampilan belajar anak saya sehingga saya dapat mengikuti apa yang mereka pelajari di sekolah.” Inilah sebabnya kami mengembangkan Kunci Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Itu ditulis oleh Dr. Ken Dryden, seorang psikolog yang memiliki latar belakang dalam mengajar cacat perkembangan. Dia menjelaskan bagaimana berbagai aspek orang dengan kebutuhan khusus memengaruhi hidupnya. Ketidakmampuan belajar berarti anak mengalami kesulitan dalam belajar tentang interaksi sosial. Mereka mengalami kesulitan memahami dan mengikuti arahan. Seorang anak dengan Gangguan Proses Sensorik akan mengalami masalah dengan suara, penglihatan, sentuhan, rasa, dan bau. Kondisi ini biasanya fisik dan dapat dikaitkan dengan ketidakmampuan belajar. Sangat sedikit perhatian diberikan pada efek fisik dari kondisi ini pada pengembangan pembelajaran.

Mengenali Ciri-Ciri Anak

Anak-anak dengan Autisme memiliki masalah dengan interaksi sosial karena otak mereka tidak dapat mengenali dan menggunakan aturan dasar interaksi sosial. Namun, mereka juga mengalami kesulitan dengan komunikasi verbal, komunikasi dengan anak-anak lain, dan tujuan pembelajaran. Jenis gangguan belajar ini kadang-kadang disebut perkembangan bahasa yang tertunda. Ketidakmampuan belajar tidak terbatas hanya pada satu sisi otak. Beberapa anak memiliki ketidakmampuan belajar yang melibatkan kedua sisi otak. Ini bisa terjadi ketika ada disfungsi satu sisi otak. Contohnya adalah seorang anak yang hanya akan menggunakan satu sisi otak ketika belajar.

Kebanyakan orang percaya bahwa pembelajaran anak berpusat di sekitar sisi kiri otak. Dryden setuju dengan konsep ini, tetapi ia percaya bahwa anak-anak membutuhkan masukan dari kedua sisi otak untuk menjadi sukses. Inilah sebabnya mengapa ia berfokus pada mengajar anak-anak di berbagai bidang yang berbeda. Dia percaya bahwa pendidikan sepihak tidak benar-benar mengajar. Ini adalah cara yang baik untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk menjadi mandiri pada usia dini. Belajar dengan bantuan rekan penulis itu mudah, terutama ketika Anda berdua dapat berbicara tentang apa yang sedang Anda kerjakan. Dryden menjelaskan langkah-langkah mengajar anak berkebutuhan khusus. Saya harus belajar cara “membaca” tanda dan gerakan sehingga saya bisa mulai memahami proses pembelajaran. Tidak ada cara lain untuk belajar.

Pentingnya Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Menggunakan berbagai warna dan bentuk sangat membantu ketika pembelajaran anak akan didasarkan pada memori. Saya belajar bahwa bentuk adalah bagian dari pikiran dan perasaan kita. Sebagai contoh, sahabat saya mencintai anjingnya dan dia belajar bahwa anjing “melihat” dunia melalui ingatan dan melalui perasaan. Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk menggunakan Kunci Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus untuk membantu anak Anda.

Dengan Ini Mendidik anak-anak sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua murid dan guru sekolah. Untuk itu pentingnya peran orang tua dan guru mengetahui karakter anak sedari kecil agar bisa berpengaruh pada masa depannya. Sebagaimana jika anak-anak termasuk kategori anak kebutuhan khusus atau ABK. Biasanya Anak autis termasuk kategori anak berkebutuhan khusus atau ABK. Namun Tetapi Anak yang memiliki karakteristik yang khusus dan perilaku berbeda dengan anak pada biasanya baik secara mental atau fisik. Kategori Anak yang termasuk ABK ini yaitu tunanetra, tunarungu, kesulitan belajar, gangguan perilaku, tunadaksa, atau anak yang memiliki gangguan kesehatan.

Baca Juga : Universitas Indonesia Pilihan Bagus Untuk Mahasiswa