Menulis Artikel Merangkum Buku

Artikel yang bagus meringkas sebuah buku adalah penting jika Anda ingin pembaca memiliki gagasan lengkap tentang isi buku tersebut. Berikut adalah beberapa pedoman untuk menulis artikel yang meringkas buku ini dan mengerjakan pertanyaan dan masalah bagi pembaca.
Biarkan ringkasannya singkat. Beberapa tugas menulis termasuk menulis cukup untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan pembaca. Anda juga harus mengerjakan pertanyaan dan masalah yang secara khusus tidak dibahas dalam ringkasan.
Meringkas sebuah buku adalah tentang memberikan ikhtisar ringkas tentang poin-poin utama buku tersebut. Untuk meringkas sebuah buku dengan sukses, Anda harus memberi pembaca ide tentang apa buku itu tanpa memberikan terlalu banyak informasi. Anda dapat meringkas buku ini dengan kata-kata sebanyak yang Anda inginkan, tetapi Anda harus menyimpannya dengan singkat. Ini akan memberi pembaca sekilas tema utama buku ini.

Cara Merangkum Artikel

Anda harus dapat menyoroti poin-poin utama yang paling menarik minat Anda. Misalnya, Anda dapat menulis artikel yang meringkas sebuah buku dengan memberikan gambaran singkat tentang poin penting buku kepada pembaca. Tetapi Anda juga dapat menulis artikel yang merangkum buku tentang fitur khusus buku seperti fakta menarik tentang buku tersebut.
Saat Anda menulis artikel, Anda dapat memilih judul yang merangkum seluruh artikel. Ini memungkinkan Anda untuk memilih topik, menjelaskan topik secara singkat, dan menyajikan topik lagi dengan cara yang berbeda. Judul yang fokus pada topik harus pendek, sederhana, dan langsung. Namun, Anda tidak boleh menggunakan judul yang berisi banyak kata kecuali judul tersebut dapat dibaca oleh seseorang yang tidak memiliki pengetahuan tentang subjek.
Meringkas sebuah buku sangat mirip dengan meringkas sebuah berita. Sama seperti Anda harus menyajikan berita dalam bentuk yang mudah dibaca, Anda juga harus dapat menggambarkan berita dengan cara yang ringkas. Misalnya, Anda dapat menggunakan frasa “dua kapal yang berlayar melintasi lautan” untuk merangkum sebuah berita. Sebuah berita baik adalah kisah yang bisa diingat.
Ringkasan buku juga dapat ditulis dalam tiga bagian: pengantar, isi, dan kesimpulan. Ini akan membuat ringkasan lebih mudah dibaca dan oleh karena itu lebih mudah untuk merangkum. Ringkasan yang baik untuk pengantar buku akan berisi pengantar singkat yang memungkinkan pembaca tahu tentang buku itu dan bagaimana mereka bisa mendapat manfaat darinya. Kesimpulan yang baik untuk ringkasan adalah pengantar singkat lain yang mencantumkan topik apa pun yang perlu Anda sentuh pada sisa ringkasan.

Cara Penulisan Artikel Dengan Baik

Ringkasan buku yang bagus juga bisa ditulis dalam beberapa paragraf, yang masing-masing berisi pengantar, isi, dan kesimpulan yang berbeda. Di setiap paragraf, Anda bisa merangkum poin-poin utama paragraf. Anda harus dapat menulis ini dalam waktu kurang dari 200 kata.
Anda seharusnya tidak membuang waktu Anda pada ringkasan singkat dari ringkasan dan kemudian mengulangi diri Anda untuk meringkas buku. Menulis artikel yang bagus meringkas sebuah buku dapat menghabiskan banyak waktu Anda jika Anda terus menulis. Jadi, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda sampaikan dalam artikel Anda.
Artikel yang merangkum buku juga dapat ditulis dalam beberapa kalimat. Tetapi pengantar artikel harus satu paragraf. Maka Anda harus menghabiskan satu paragraf untuk ringkasan buku.
Akhirnya, untuk meringkas buku dengan benar, Anda harus merangkum setiap paragraf artikel. Alasan mengapa Anda harus merangkum setiap paragraf artikel adalah karena Anda harus menunjukkan ringkasan buku di semua paragraf. Ini akan membuat artikel tersebut mudah dibaca.
Dengan menulis artikel yang merangkum buku, Anda dapat meringkas buku dengan cepat dan efektif. Ini karena Anda dapat memberi pembaca ikhtisar singkat tentang buku dalam satu paragraf dan kemudian memberi mereka lebih banyak detail dalam paragraf lain.

Baca Juga : Tips Membuat Catatan Dari Rumah